Pemkab Aceh Timur Dukung Gerakan Transisi PAUD ke SD




SENANDIKA MEDIA -  ACEH TIMUR - Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin, MSi mengatakan Pemkab Aceh Timur mendukung penuh pelaksanaan gerakan transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD).


"Saya atas nama Pemkab Aceh Timur mendukung penuh pelaksanaan gerakan transisi PAUD ke SD," ujar pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin, MSi pada acara temu ramah bunda PAUD Aceh Timur dengan bunda PAUD kecamatan dan gampong serta penandatangan komitmen bersama dalam rangka mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Aula Pendopo Bupati Aceh Timur, Kamis (20/7/2023). 


Pj Bupati menambahkan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan episode ke-24 merdeka belajar, yang telah diluncurkan pada Maret 2023. Gerakan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa anak - anak usia dini yang tidak berkesempatan mengikuti PAUD memiliki hak yang sama untuk dibina dan mendapatkan kemampuan dasar keterampilan dan kematangan yang holistik. 


Kata Ir Mahyuddin MSi, gerakan ini sebagai upaya dalam menjaga keselarasan pendidikan anak dari PAUD ke SD, sehingga proses peralihan dapat berjalan lancar dan baik. 


Transisi dalam konteks ini adalah anak berpindah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar baru. Sedangkan siap sekolah adalah kondisi dimana anak memiliki kemampuan pondasi sebagai pembelajaran sepanjang hayat. 


“Transisi di usia peralihan adalah, dimana kita harus mampu mengajarkan pada anak berdasarkan kebutuhannya. Transisi yang efektif adalah anak tidak perlu melakukan terlalu banyak," kata Pj Bupati Aceh Timur.


Oleh karenanya, dirinya berharap kepada para bunda PAUD yang merupakan gelar bagi sosok mitra utama, tokoh sentral, figur ibu dalam gerakan nasional PAUD berkualitas, dengan layanan holistik integratif di setiap jenjang pemerintahan, mengajak dan bergandengan tangan dengan unsur forkopimda, lintas sektor terkait, satuan pendidikan, organisasi profesi dan orang tua untuk mensukseskan pelaksanaan gerakan/program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. 


“Mari bersama – sama, kita sukseskan gerakan transisi PAUD ke sd yang menyenangkan. Semoga gerakan ini dapat terus berlanjut dan menciptakan suasana belajar yang positif dan membekas sebagai kenangan indah bagi anak – anak,” harap Pj Bupati Aceh Timur.


Pada kesempatan yang sama, Bunda PAUD Aceh Timur, Dr Maizarniwati Mahyuddin menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk menggalang komitmen bersama dengan semua pihak terkait serta menguatkan peran bunda PAUD kecamatan dan Bunda PAUD gampong untuk bersinergi dalam mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kabupaten Aceh Timur.


Katanya, dasar dari lahirnya Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini adalah dari miskonsepsi yang lahir dan berkembang di masyarakat yaitu adanya keharusan bahwa setiap anak yang akan masuk ke sekolah dasar (SD) harus pandai membaca, menulis dan menghitung (calistung). 


“Oleh karena itu, akibat dari cara pandang tersebut banyak anak-anak yang tidak mendapatkan haknya untuk masuk ke sekolah dasar (SD) karena mereka tidak bisa membaca, menulis dan menghitung (calistung), padahal masuk ke sekolah merupakan hak dasar pendidikan bagi anak,” tutur Bunda PAUD Aceh Timur.(/)


Sumber:serambi