Pemko Langsa Launching Gerakan Bagi 10 Juta Lembar Bendera Merah Putih



SENANDIKA MEDIA - LANGSA - Menjelang peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Rapoblik Indonesia, Pemko Langsa melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaunching gerakan membagikan 10 juta lembar Bendera Merah Putih.

Pembagian bendera ini dilakukan Pj Wali Kota Langsa, Ir Said Mahdum Majid, dan unsur Forkopimda, bersamaan pada acara Car Free Day di Lapangan Merdeka Langsa, Minggu (30/7/2023).

Pj Wali Kota Langsa, Ir Said Mahdum Majid, mengatakan pembagian 10 juta lembar bendera merah putih ini dipadukan dengan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor, serta pameran UMKM.

Menurutnya, pembagian 10 juta bendera merah putih ini bukanlah semata-mata tentang simbolisme, tetapi juga tentang semangat persatuan dan cinta tanah air.

"Kemudian dalam keberagaman yang kaya ini, bendera merah putih mengikat kita sebagai satu bangsa, satu kesatuan yang saling melengkapi, membantu, dan mendukung satu sama lain.

Penting bagi kita untuk selalu mengingat dan menghargai jasa para pahlawan dan pendahulu kita yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kebebasan ini," ujarnya. 

Di era modern ini, tugas kita adalah melanjutkan perjuangan mereka dengan cara membangun bangsa yang maju, beradab, dan berdaya saing tinggi di kancah global.

Melalui kegiatan distribusikan 10 juta lembar bendera merah putih ini, kita berharap dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air di hati setiap anak bangsa," harap Pj Wali Kota Langsa. 

Pj Wali Kota, menambahka car free day juga ini momen penting bagi kita semua sebagai upaya bersama menjaga kebersihan udara dan mempromosikan gaya hidup sehat.

"Car free day mengingatkan kita semua tentang urgensi perubahan perilaku kita terhadap lingkungan.

Penggunaan kendaraan pribadi yang berlebihan berdampak negatif pada lingkungan kita, termasuk polusi udara dan pemanasan global. 

Mari bersama-sama kita berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan mengadopsi pola transportasi yang lebih ramah lingkungan," pungkas Said Mahdum.

Sementara Kepala Kesbangpol Kota Langsa, Drs Zulhadisyah S MSP, melaporkan, launching pembagian 10 juta lembar bendera merah putih juga dipadukan dengan kegiatan car free day yang diawali senam aerobic serta pameran UMKM.

Gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih merupakan gerakan yang digagas oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan umum Kementrian Dalam Negeri yang tahun ini merupakan tahun kedua.

Di mana tahun lalu 2022 kegiatan ini telah mendapat penghargaan dan tercatat dalam Rekor Muri, serta tercatat dalam sejarah sebagai gerakan yang melibatkan banyak orang dalam suatu wilayah atau daerah.

Dengan tujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia.

Bendera merah putih sumbangan dari instansi vertikal, BUMN, BUMD serta OPD sebanyak 1.436 lembar dengan ukuran besar dan 1.015 dan bendera ukuran kecil, dengan total 2.451 lembar.

"Kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih dari mulai tanggal 1 - 31 Agustus 2023 mendatang," pungkasnya. (/)

Sumber: Serambi