Sejumlah Rumah Warga Rusak Disapu Angin Kencang di Aceh Timur



SENANDIKA MEDIA - ACEH TIMUR – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Timur, menyebabkan sejumlah rumah warga rusak di berbagai lokasi, pada minggu sore (30/7/2023) sore.

Setidaknya beberapa atap rumah warga roboh dan fasilitas lainnya rusak akibat kejadian tersebut.

Koordinator TKSK Aceh Timur Rahmat Hidayat mengatakan, hujan deras dan angin kencang yang melanda daerah Aceh Timur menyebabkan sedikitnya ada tujuh rumah mengalami kerusakan cukup parah.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Di mana atap rumah tersebut roboh, serta pagar sekolah ambruk usai disapu angin kencang.

“Iya benar, memang ada kejadian tersebut. Terjadi sekitar jam 14:30.00 WIB,” kata dia kepada infoacehtimur.

Rahmat Hidayat berujar, tujuh rumah warga yang mengalami kerusakan tersebut antaranya milik Safrizal (32) warga Gampong Blang Panjau, ketimpa pohon dan Mawardi (33) Warga Gampong Teupin Pukat, kecamatan Nurussalam, dua rumah di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Rantau Selamat, dan tiga rumah di Desa Ulee Tanoh dan Desa Blang Uyok, Kecamatan, Julok. kabupaten Aceh Timur.

Saat ini semua barang-barang di rumah tersebut sudah dipindahkan di tempat yang lebih aman.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Namun puluhan warga mengalami kerugian materiil atas kerusakan yang diakibatkan kencangnya tiupan angin.

Sementara itu saat ini kita dari TKSK telah melakukan peninjauan ke lokasi kejadian.

Pihaknya melakukan asesmen dan membantu proses evakuasi pasca-kejadian bencana. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Aceh Timur khususnya Dinas Sosial untuk menindaklanjuti beberapa rumah warga yang rusak.

Mengingat cuaca yang masih ekstrem dia meminta masyarakat untuk berhati-hati. Terutama saat berada di luar rumah ketika hujan lebat. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa.

“Kami sudah turun ke lokasi. Kita juga sudah menelepon Dinas Sosial Aceh Timur untuk turun ke lapangan. Tanggapan mereka juga sudah ada. Mudah-mudahan mereka dapat turun ke lokasi esok hari., Tutupnya. (/)

Sumber: Infoacehtimur